Detail Berita

KRONOLOGI PERISTIWA DAMPAK HUJAN LEBAT DI WILAYAH DESA MENTARAMAN KECAMATAN DONOMULYO KABUPATEN MALANG JAWA TIMUR

Hujan lebat yang terjadi pada tanggal 16 hingga 18 Oktober 2022 di Malang selatan mengakibatkan banyak terjadi banjir, tanah longsor, tanggul jebol, tanah bergerak hingga kerusakan rumah rumah warga.

Tak terkecuali di wilayah Desa Mentaraman Kecamatan Donomulyo terkena dampaknya, dengan sigap Kepala Desa Mentaraman beserta Perangkat Desa dibantu oleh warga sekitar meninjau beberapa titik lokasi yang paling terdampak dan segera melakukan Tindakan pertama guna meminimalisir keparahan jika hujan masih terus berlanjut. Seperti di wilayah rt 04 Ds Mentaraman terdapat 4 rumah warga yang terkena dampak paling parah, yaitu rumah pak Herman, Ibu Anis, pak Semin dan pak Susilo. Dengan kondisi lantai rumah yang retak, bangunan yang sudah memprihatinkan untuk dihuni terlebih jika malam hari pemilik rumah tidak berani untuk menempatinya. Untuk sementara waktu warga yang terdampak tersebut mengungsi ke rumah anak/kerabatnya yang lebih aman.

Kemudian di Rt 19 Ds Mentaraman, yaitu rumah pak Boyani, pak Slamet, mbah Poniyem, dan pak Samuji. Lokasi rumah warga yang berada di bawah bukit berbatu tersebut terdapat parit di atas rumah. Saat hujan deras tersebut parit meluap sehingga air meresap ke dalam tanah teras belakang rumah yang berakibat tanah tersebut bergeser. Sementara yang dapat dilakukan oleh warga sekitar dengan menebang kayu yang ada dibelakang rumah agar tidak menimpa rumah dan Pemerintah Desa sampai saat ini masih mengupayakan Tindakan lain yang dapat dilakukan untuk meminimalisir dampak yang lebih besar.

Titik terakhir lokasi di Ds Gondangrejo Rt 05, terdapat 2 rumah warga yaitu milik pak Dul Samid dan pak Bambang. Benteng rumahnya ambruk. Dan belum ada upaya apapun dari warga untuk mengatasinya. Kemudian bebarapa jembatan yang meluap hingga ke area persawahan warga yang mengakibatkan kerusakan pematang sawah. Meluapnya sungai dan jembatan juga berakibat tidak bisa dilewati warga sehingga warga harus putar arah lebih jauh.

Demikian kronologi peristiwa Dampak Hujan Lebat di wilayah Desa Mentaraman hari ini yang dapat kami sampaikan.

 

                                                                                                Terima Kasih

Berita Lain